Tuesday, April 5, 2016

Punya Banyak Kartu Kredit? Buat Pengingat di Gadget (1)

Tidak jarang, satu orang memiliki kartu kredit lebih dari satu. Banyak nasabah bank memiliki lebih dari 4 kartu kredit bahkan ada yang memiliki lebih dari 8 kartu kredit yang semuanya platinum. Memiliki banyak kartu kredit berarti mendapatkan kepercayaan dari banyak bank penerbit kartu kredit.

kartu kredit
Cara paling mudah untuk mengatur kinerja kartu kredit adalah dengan menulis segala sesuatu tentang kartu kredit pada sebuah buku agenda. Siapkan beberapa halaman sejumlah kartu kredit yang dimiliki. Setiap halaman khusus digunakan sebagai catatan satu buah kartu kredit. Item-item yang ditulis pada buku agenda itu antara lain :

Tanggal jatuh tempo pembayaran
Item ini harus ditempatkan paling atas agar mudah dilihat. Dengan begitu, kesalahan keterlambatan pembayaran tagihan tidak akan terjadi.

Tanggal kartu kredit dibuat
Pada saatnya nanti, data tanggal pembuatan kartu kredit ini akan berguna sebagai salah satu penilaian sejarah pemakai kartu kredit. Semakin lama kartu kredit berjalan aktif dan baik, semakin bagus nilainya. Bank penerbit akan memberikan perlakuan yang istimewa bagi pemegang kartu kredit ini.

Golongan kartu dan batas maksimal penggunaan
Setiap kartu kredit memiliki golongan dengan batas maksimal sendiri-sendiri. Data ini bisa ditulis dalam buku agenda sebagai data pelengkap agar tidak terjadi kesalahan menggunakan program diskon dan fasilitas yang lain.

Masa berlaku kartu kredit
Dengan pencatatan masa berlaku kartu kredit, pengguna kartu kredit menjadi mengerti secara detail kapan kartu kredit akan berakhir masa penggunaannya. Ketika mendekati tanggal terakhir masa berlaku, biasanya petugas bank akan menghubungi melalui telepon untuk sekedar mengingatkan bahwa kartu kredit akan dilanjutkan masa aktifnya. Namun, kadang ada pula yang tidak melakukan pemberitahuan. Untuk itu, sebaiknya pengguna kartu kredit secara proaktif mau menghubungi bank penerbit kartu kredit bahwa kartunya akan habis masa berlakunya. Pengguna kartu kredit berhak untuk menghentikan penerbitan kartukredit. Bahkan berhak pula mendapatkan fasilitas dibebaskannya beban administrasi tahunan.

No comments:

Post a Comment