Tuesday, April 12, 2016

Jika Tak Ada Uang Bayar Tagihan Kartu Kredit (2)

•  Jual Aset
Jika dengan bekerja lebih keras dan menambah mata pencaharian masih belum bisa mencukupi kebutuhan uang untuk membayar tunai, yang perlu dilakukan adalah menjual aset pribadi. Telepon seluler, TV, LED, home theatre, sepeda motor, mobil, bahkan rumah bisa dijual demi menyelesaikan tunggakan kartu kredit ini. Menjual rumah adalah alternatif yang paling akhir untuk mendapatkan uang dalam jumlah besar. Ketika uang sudah didapat, segera sisihkan untuk melunasi tunggakan kartu kredit dan segera pula sisa uang itu dibelikan rumah baru yang siap untuk dihuni. Hindari membeli rumah dengan pembayaran cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kecuali jika sangat terpaksa.

kartu kredit
•  Tetap Berbesar Hati dan Sabar
Dalam menghadapi situasi ini, pengguna kartu kredit harus bisa benar-benar bersabar. Menahan rasa malu terhadap tetangga, keluarga, dan teman-teman dekat atas kejadian gagal bayar kartu kredit adalah hal yang sangat berat. Tapi kalau semua susah terlanjur, tidak bisa untuk dihindari. Tetaplah berbesar hati, yakin bahwa semua cobaan itu bisa dilalui dengan baik. Lebih banyak berdoa akan meringankan beban dan langkah dalam usaha-usaha keluar dari permasalahan keuangan ini.

•  Mengambil Hikmah
Ketika semua tagihan sudah dibayarkan dengan lunas, tentu akan ada pelajaran berharga yang harus bisa diambil dari kejadian ini. Hidup konsumtif harus segera ditinggalkan. Gaya hidup yang berlebihan dan cenderung memupuk rasa tinggi hati akan semakin membuat orang menjadi sombong. Kegagalan membayar tagihan kartu kredit hanyalah cobaan kecil dari Tuhan. Masih ada cobaan yang jauh lebih berat yang mungkin diterima orang lain. Kegagalan membayar tagihan kartu kredit hanyalah cobaan finansial. Jauh lebih ringan daripada cobaan pertengkaran keluarga, pertikaian bisnis, pengkhianatan cinta, penyakit kronis, bencana alam, perang, dan cobaan berat lainnya. Solusinya hanyalah satu, membayar tagihan kartu kredit itu secara lunas dengan segera.

Keterangan di atas adalah gambaran umum yang bisa dilakukan pengguna kartu kredit ketika berada dalam situasi “ketika sudah terlanjur” itu. Secara teknis, terdapat langkah-langkah sistematis yang seharusnya dilakukan pengguna kartu kredit ketika tiba-tiba dalam situasi tidak bisa membayar tagihan kartu kredit.

No comments:

Post a Comment