Monday, April 11, 2016

Jika Tak Ada Uang Bayar Tagihan Kartu Kredit (1)

Ada langkah-langkah yang harus diambil ketika memang benar-benar tidak ada uang yang bisa digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit.

kartu kredit
Jangan Bayar Jika Tidak Ada Uang untuk Membayarnya
Sepertinya, ini adalah sebuah keputusan yang akan banyak menuai pertentangan. Namun, sejauh ini, justru dengan membayar tagihan minimal akan menjadikan masalah lebih besar. Kalau pembayaran minimal jumlahnya hanya sedikit dan hanya satu kali saja mungkin tidak ada masalah dengan tujuan untuk mengulur waktu saja. Namun, usaha untuk mendapatkan uang tetap harus dilakukan. Waktu yang dibutuhkan untuk menunda ini maksimal adalah 60 hari sebelum surat kuasa penagihan diberikan kepada pihak ketiga (debt collector).

Tetapkan Niat untuk Segera Membayar Lunas Tagihan
Waktu 60 hari adalah waktu yang cukup lama bagi pengguna kartu kredit untuk membuat keputusan besar. Bisa utang dari teman dekat atau keluarga, bisa menjual aset atau bisa dengan menambah pekerjaan lagi. Dengan menetapkan niat untuk segera membayar lunas tagihan, dengan sadar ataupun tidak sadar, energi positif akan muncul dari diri pengguna kartu kredit untuk bisa mendapatkan keputusan terbaik. Jika ada telepon dari petugas bank, pengguna kartu kredit bisa mengatakan sejujurnya bahwa dia dalam keadaan tidak ada uang untuk membayarnya dan mencoba meminta saran dan bantuan solusi.

Tetap Bekerja dan Tawakal
Menjalani hidup seperti biasa, apa adanya, menghadapi telepon dari petugas bank dengan santun dan tetap bekerja. Kalau perlu, menambah pekerjaan. Jika biasanya bekerja sebagai staf pada pagi hingga sore hari maka bisa menambah pekerjaan dengan berdagang pada sore sampai malamnya. Tidak lupa untuk tetap banyak berdoa dan berserah diri kepada Tuhan. Kumpulkan semaksimal mungkin gaji, komisi, keuntungan, dan pendapatan lain khusus untuk memenuhi kebutuhan pengembalian tagihan kartu kredit. Kencangkan ikat pinggang selama 60 hari, berhemat, kalau perlu berpuasa. Ketika dana sudah terkumpul untuk membayar lunas tagihan kartu kredit, segeralah membayarnya secara tunai atau sedikit lebih banyak. Usahakan untuk mendatangi bagian tunggakan kartu kredit di kantor penerbit kartu kredit dan menanyakan berapa jumlah total tagihan yang harus dibayarkan. Bila perlu, pembebasan denda dan bunga pun bisa diajukan.

No comments:

Post a Comment