Tuesday, October 21, 2014

Ciri-Ciri Kartu Kredit dan Kartu Charge

Kartu kredit merupakan uang yang berbentuk seperti kartu identitas yang terbuat dari plastik. Kartu ini fungsinya sama dengan uang biasa yang kebanyakan orang gunakan, yaitu sebagai alat transaksi. Namun, bedanya adalah tidak semua orang dapat menggunakan jenis uang ini, hanya orang yang memenuhi kriteria dan mengajukan ke pihak bank. Kenapa ke pihak bank? Kartu kredit merupakan salah satu produk bank yang ditawarkan kepada nasabahnya sebagai salah satu atau fasilitas demi kemudahan para nasabahnya dalam bertransaksi. Kartu kredit ini dapat digunakan oleh pemegangnya untuk transaksi setiap saat, di manapun dan kapanpun.

Jika Anda perhatikan dengan seksama bentuk kartu kredit, terdapat  kesamaan dengan kartu identitas, seperti KTP, SIM, dan kartu identitas lainnya. Ternyata pihak bank memang sengaja mengeluarkan beberapa jenis kartu yang hampir sama fungsinya dengan kartu kredit. Selain kartu ATM atau debit, kartu yang bentuknya mirip adalah charge card.

kartu kredit
Pada dasarnya charge card ditujukan untuk transaksi belanja. Kartu plastik yang diterbitkan oleh bank ini memberikan kesempatan bagi pemegangnya untuk menggunakan dana dari bank terlebih dulu. Itu artinya bank mengkreditkan sejumlah uang ke dalam kartu tersebut. Istilahnya uang dipinjamkan terlebih dulu oleh bank, lalu dapat kita pakai dan baru dibayar kemudian. Tagihan akan dikirimkan kemudian hari sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Berikut ini adalah ciri- ciri dari charge card:
  • Pada umumnya tidak ada ketentuan limit penggunaan dalam melakukan transaksi.
  • Pembayaran penuh atas semua tagihan sebelum tagihan berikutnya.
  • Apabila pembayaran tidak dilakukan secara penuh dari tagihan maka akan dikenakan denda keterlambatan (late charge) sebesar persentase tertentu.
  • Tidak dikenakan tingkat bunga atas setiap pembayaran tagihan.
Kartu charge ini sama dengan kartu kredit. Perbedaannya adalah cara pembayarannya tidak dimungkinkan secara kredit. Cara pembayaran ini yang menyebabkan charge card tergusur dengan kartu kredit. Contoh charge card adalah Amex dan Dinners Club. Saat ini Amex juga telah mengeluarkan kartu kredit, begitu juga dengan BCA Card yang dulunya charge card kini menjadi kartu kredit. (MW)

No comments:

Post a Comment