Thursday, April 21, 2016

Langkah Tepat Bebas Hutang Kartu Kredit (7)

iii. Periode Keterlambatan Bulan III
Pada masa ini, kartu kredit sudah dalam keadaan terblokir secara otomatis karena bank menganggap tidak ada inisiatif pembayaran sedikit pun dari pengguna kartu kredit sampai terjadi keterlambatan pembayaran selama 60 hari dari pemakaian terkahir. Pada masa ini, bank sudah menyerahkan kuasa penagihan kepada perusahaan lain. Debt collector akan mulai mengunjungi rumah atau kantor pengguna kartu kredit dan membawa surat pemberitahuan adanya utang kartu kredit.

Pada tahap awal ini, debt collector tidak akan menunjukan sikap buruk. Bahkan mereka akan datang dengan sangat sopan, sedikit berbelas kashian karena menyangkut komisi yang bisa mereka dapatkan. Namun jangan salah, mereka datang juga untuk mencari data tentang aset (mobil, rumah, dan lain-lain) yang dimiliki pengguna kartu kredit, alamat kantor, atau tempat anak sekolah. Memasuki minggu kedua, debt collector akan datang lagi untuk menagih utang kartu kredit. Kali ini mereka sudah mulai membuat sedikit ancaman halus, atau sudah bertanya-tanya dan memberikan informasi kepada petugas keamanan di kampung atau di perumahan tempat tinggal pengguna kartu kredit.

Pada akhir bulan, debt collector sudah mulai menunjukan rasa kecewa mereka terhadap sikap pengguna kartu kredit yang tidak mau membayar tagihan kartu kredit. Mereka berani berteriak dan menantang, namun masih di dalam batas toleransi, di mana tetangga tidak sampai mendengarnya. Tujuan mereka sudah jelas, membuat malu agar pengguna kartu kredit segera membayar tagihan kartu kredit.

iv. Periode Keterlambatan Bulan IV
Pada masa keterlambatan ini, debt collector sudah menampakan sikap arogannya. Mereka benar-benar sudah banyak mengeluarkan tenaga dan biaya setelah satu bulan sebelumnya bisa bersikap halus dalam melakukan penagihan utang kartu kredit. Tidak jarang mereka mengedor-gedor pagar atau pintu rumah sambil berteriak-teriak. Mereka akan menghubungi pengguna kartu kredit sambil berteriak-teriak di depan rumah agar tetangga bisa mendengarnya. Selama satu bulan penuh debt collector akan berusaha sekeras mungkin agar pengguna kartukredit segera membayar lunas tagihan kartu kreditnya.

No comments:

Post a Comment