Monday, April 18, 2016

Langkah Tepat Bebas Hutang Kartu Kredit (4)

iv.  Pengajuan Leasing atas Aset Rumah
Leasing tidak hanya mobil saja. Rumah pun bisa di leasing-kan. Dana yang bisa dicairkan maksimal juga 80% dari nilai jual rumah. Cukup mengunjungi kantor bank terdekat, sampaikan ingin mengajukan kredit dengan jaminan aset rumah, maka petugas dari bank akan dengan senang hati membantu proses itu. Produk kredit perorangan yang kemungkinan besar bisa diajukan adalah kredit untuk membangun atau merenovasi rumah. Suku bunga yang dibebankan pada umumnya adalah 12,5% per tahun (mengikuti pasar) dengan jangka waktu angsuran maksimal 10 tahun.

kartu kredit
v.   Menjual Aset
Ini adalah rekomendasi terkahir bagi pengguna kartu kredit dalam mendapatkan dana untuk melunasi utang kartu kredit. Namun, cara ini termasuk cara paling mudah dan cepat untuk mendapatkan dana itu. Dan solusi-solusi ke depan setelah penjualan aset juga relatif bisa diterima dengan baik oleh pengguna kartu kredit. Berikut, 2 contoh penjualan aset yang mudah dijalankan :

- Menjual aset berupa mobil
Seperti ditulis sebelumnya, mobil termasuk aset yang paling mudah dicairkan. Selain diajukan leasing, bisa juga dijual baik melalui iklan, langsung ke show room atau makelar mobil. Dijual sendiri melalui iklan akan memungkinkan mobil dibeli pembeli pemakai secara langsung, sehingga harga jualnya bisa lebih tinggi daripada dijual melalui makelar dan show room.

Setelah mobil terjual, segera lunasi tagihan kartu kredit. Sisa dana yang ada dari penjualan mobil bisa digunakan untuk uang muka pembelian mobil yang lain baik baru maupun bekas. Atau dibelikan mobil bekas yang dalam keadaan baik, namun dibeli secara tunai. Dalam kasus ini, masalah utama pelunasan tagihan kartu kredit telah teratasi, dan pengguna kartu kredit masih bisa memakai mobil seperti biasa bersama keluarga. Bunga yang dibebankan pada angsuran pembelian mobil juga jauh lebih murah daripada bunga kartukredit.

- Menjual aset berupa rumah
Keputusan ini memang agak berat. Tapi kalau memang tidak ada jalan keluar lagi, maka menjual rumah bisa dilakukan dengan lapang dada.

No comments:

Post a Comment