Wednesday, January 21, 2015

Tips Keuangan Sehat, Hati Senang

Tips Kartu Kredit 1: Jangan membayar hanya sebesar angka minimum pembayaran. Tips kartu kredit –nya: bayarlah 10 % dari saldo hutang kartu kredit Anda. Dibanding angka pembayaran minimum periode sebelumnya (5 %- 6 %), angka itu mungkin lebih kecil memberatkan pemegang kartu, mencicilnya menjadi lebih besar. Tetapi, sebetulnya ini lebih bagus buat kesehatan keuangan Anda. Coba bayangkan, jika periode sebelumnya Anda hanya membayar cicilan sebesar 5 % dari saldo hutang, maka cicilan utang pokoknya sendiri sebetulnya hanya dibayar sebesar 1,5 % dari saldo hutangnya. Sebab, ada beban bunga sekitar 3,5 % per bulan.

Jika Anda hanya mencicil hutang pokok sebesar 1,5 % per bulan, kapan Anda bisa melunasi hutangnya? Belum lagi jika ditambah belanja barang lainnya. Dengan demikian, Anda bisa terjerat hutang terus- menerus. Dan ini tentu saja menyenangkan bank penerbit kartu kredit, mereka bisa menarik uang Anda setiap bulan, dan Anda akan menjadi makhluk peliharaannya. Dengan pembayaran minimum 10 % berarti Anda mencicil hutang pokoknya sekitar 6,5 % per bulan (bisa lebih atau kurang, tergantung pada bank penerbit kartu kreditnya). Ini pun dapat membutuhkan waktu belasan bulan untuk melunasi saldo hutangnya (dengan syarat tidak menambah belanja lagi). Jadi tips kartu kredit –nya: bayarlah cicilan kredit itu dengan jumlah lebih besar daripada pembayaran minimumnya untuk mengurangi beban bunga kredit, dan Anda tidak diganduli hutang terus setiap saat.

tips kartu kredit
Tips Kartu Kredit 2: Grace period itu menguntungkan. Tips kartu kredit –nya: bayarlah tagihan hutang kartu kredit Anda setiap bulan setelah berbelanja. Bila Anda membayarnya masih dalam grace period (periode antara penggunaan kartu kredit dan jatuh tempo tagihan, antara 25- 30 hari), maka Anda akan terbebas dari biaya bunga. Dan ini memang merupakan tujuan penggunaan kartu kredit pada masa awal- awal diterbitkan oleh bank penerbit.

Tips Kartu Kredit 3: Cukup satu kartu saja. Satu kartu dapat memenuhi kebutuhan Anda, mulai dari konsumsi, keperluan dapur, alat rumah tangga, atau kebutuhan sekolah anak. Tips kartu kredit yang harus diingat: jika semua kebutuhan Anda tercukupi hanya dengan satu kartu, tak perlu kartu kredit lainnya. (MW)

No comments:

Post a Comment