Thursday, January 22, 2015

Perbedaan Utama Kartu Kredit dan Debit

Seberapa sering Anda berbelanja dengan menggunakan kartu kredit? Selain membayar dengan kartu kredit, sebagian orang lebih memilih untuk membayar dengan menggesek kartu debitnya. Ketika menggunakan kartu debit, otomatis barang atau jasa tersebut dibayar saat itu juga. Kalau Anda bayangkan bentuk kartu kredit, dimana ada kesamaan dengan kartu identitas, seperti KTP, SIM, dan kartu identitas lainnya, maka ternyata pihak bank mengeluarkan beberapa jenis kartu yang hampir sama fungsinya dengan kartu kredit. Kartu tersebut adalah kartu ATM atau debit.

kartu kredit
Kartu ATM atau debit adalah kartu tabungan di bank dimana pemegangnya menabung. Kalau dilihat dari tampilannya, kartu ATM atau Debit mirip dengan kartu kredit. Kartu ini berfungsi sebagai kunci untuk melakukan transaksi melalui mesin ATM seperti pengambilan tunai, transfer, cek saldo, dan pembayaran lainnya. Kartu ATM atau debit sekarang ini bisa untuk melakukan pembayaran tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan air, dan tagihan- tagihan lainnya. Kartu ATM atau Debit juga dilengkapi dengan fasilitas untuk transaksi retail dengan jaringan tertentu.

Jika Anda membuka rekening tabungan di bank, maka pada saat sekarang ini sudah hampir semua bank melengkapinya dengan kartu ATM. Hal ini dimaksudkan agar memudahkan para nasabah untuk menarik uangnya di mana dan kapan saja, tidak perlu harus datang langsung ke kantor banknya. Perlu Anda ketahui bahwa kartu ATM belum tentu difasilitasi dengan debit. Namun, pada saat sekarang ini hampir setiap kartu ATM yang dikeluarkan oleh bank diberikan fasilitas debit. Hal ini merupakan fasilitas bank kepada nasabahnya untuk memudahkan dalam bertransaksi. Karena ada fasilitas debit maka kartu ATM juga dapat digunakan sebagai pembayaran retail. Kartu debut di Indonesia biasanya dengan menggunakan jaringan Master Card dan Visa.

Kartu debit berbeda dengan kartu kredit. Kartu debit dapat mengakses langsung dana yang tersimpan di rekening pribadi Anda. Artinya, dengan kartu kredit Anda “Beli sekarang, bayar kemudian”, sedangkan kartu debit Anda “Beli sekarang, bayar sekarang”. Saat Anda menggunakan kartu debit untuk transaksi, dana di bank Anda akan langsung dipotong. (MW)

No comments:

Post a Comment