Monday, January 19, 2015

Kenal Lebih Jauh Kartu Kredit

Adapun beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang kartu kredit sebelum Anda memutuskan untuk memilikinya:
  • Kenalilah perbedaan berbagai macam kartu. Meskipun semua kartu kredit memiliki bentuk dan ukuran yang sama, tetapi masing- masing memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda. Beda orang, beda kebutuhan akan tipe kartu yang dibutuhkan. Misalnya, kartu kredit platinum, silver, gold, dan lain- lain. Anda akan dapat memilih kartu berhutang yang tepat untuk Anda jika mengetahui jenis serta fasilitas yang terdapat dalam kartu.
kartu kredit
  • Fitur yang ada dalam kartu kredit dapat mempengaruhi pemilihan dan cara Anda menggunakannya. Suku bunga, biaya tahunan, dan limit kredit merupakan beberapa fitur penting dalam kartu.  Untuk setiap kartu yang Anda pertimbangkan, pastikan Anda membaca ketentuannya yang menjelaskan fitur dari kartu tersebut. Bandingkan antara satu kartu dengan kartu lainnya akan membantu  Anda untuk menentukan mana yang lebih baik. Umumnya, suku bunga dan biaya tahunan yang rendah merupakan pilihan ideal.
  • Perhitungkan tagihan kartu kredit setiap bulan. Periode pencatatan transaksi kartu biasanya berkisar antara 21- 29 hari. Setiap bulannya, bank penerbit kartu kredit Anda akan memberikan tagihan yang berisi daftar transaksi untuk periode tagihan yang terbaru. Jika Anda memiliki tagihan yang tinggi, biasanya Anda diharuskan untuk melakukan pembayaran minimum untuk mengurangi tagihan tersebut. Anda bisa saja tidak mendapat rincian tagihan jika kartu Anda tidak digunakan.
  • Kebanyakan kartu kredit disertai dengan biaya. Anda bisa mengurangi biaya ini tergantung dengan cara Anda dalam memakai kartu kredit. Misalnya, Anda dapat menghindari biaya keterlambatan dengan membayar tagihan Anda tepat waktu. Anda bisa menghindari bunga tambahan dengan membayar penuh tagihan kartu kredit tiap bulan. Namun, untuk biaya tahunan, ini tidak bisa dihindari, kecuali Anda tahu cara “menggertak” bank untuk membebaskan iuran tahunan kartu berhutang Anda.
  • Kartu kredit pertama biasanya agak sulit didapatkan. Faktanya, bank pemberi kartu tidak selalu mengabulkan permohonan untuk kartu kredit yang pertama. Anda harus mengetahui bank mana yang dapat meloloskan pemohon kartu pemula.  Pasalnya, jika Anda terus-terusan ditolak oleh bank, maka penolakan tersebut berakibat pada turunnya skor kredit Anda. (MW)  

No comments:

Post a Comment