Friday, January 9, 2015

Senang Pakai Kartu Kredit

Manfaat kartu kredit saat ini semakin dirasakan oleh masyarakat Indonesia khususnya warga Jakarta yang konsumtif. Hal itu wajar, karena dengan kartu itu kita diberikan kesempatan untuk berhutang atau mencicil pembelian barang atau jasa hingga benar- benar lunas. Dengan mencicil, beban pun terasa lebih ringan saat membeli sesuatu atau belanja bulanan.

Selain itu, hampir semua penerbit menawarkan beberapa manfaat kartu kredit untuk fasilitas gratis. Fasilitas gratis ini merupakan salah satu strategi promosi agar orang mau mengajukan penerbitan kartu kredit baru. Bagi pemilik kartu untuk berhutang itu pun menghendaki agar kartu kreditnya tidak dihapus ketika masa berlakunya habis. Ada beberapa fasilitas gratis yang biasanya ditawarkan oleh setiap bank penerbit kartu kredit. Apa sajakah itu?

manfaat kartu kredit
Manfaat Kartu Kredit 1: Fasilitas diskon khusus untuk merchant- merchant
Manfaat Kartu Kredit 2: Fasilitas cicilan untuk produk- produk dan jasa tertentu
Manfaat Kartu Kredit 3: Gratis iuran tahunan
Manfaat Kartu Kredit 4: Gratis beristirahat di airport lounge pada bandara- bandara internasional
Manfaat Kartu Kredit 5: Gratis masuk night club
Manfaat Kartu Kredit 6: Gratis makanan atau minuman ketika menandatangani aplikasi
Manfaat Kartu Kredit 7: Gratis menu tertentu setelah pembelian tertentu

Namun, sebaiknya Anda juga jangan pernah berpikir bahwa kartu kredit sebagai sarana hutang, karena bisa sangat merepotkan di masa yang akan datang. Contoh, penggunaan kartu kredit secara tepat adalah dengan memanfaatkan bunga 0 % jika Anda membayar tepat waktu. Artinya, Anda tidak akan terkena bunga yang besar setelah melunasi seluruh tagihan.

Selain itu, para pemegang kartu kredit akan dikenakan biaya iuran tahunan atau annual fee. Besarnya iuran tahunan cukup beragam, dan umumnya sekitar Rp 150.000 – Rp 250.000 per tahun untuk silverclassic, Rp 300.000 untuk gold card, atau Rp 750.000 – Rp 1.000.000 untuk platinum. Namun, biaya tersebut biasanya digratiskan jika Anda belanja dalam jumlah tertentu selama setahun, biasanya dikonversi dalam bentuk reward poin yang akan sangat bermanfaat bagi para nasabahnya. Jadi, kartu kredit yang digunakan dengan bijak sangat bermanfaat bagi kita, tetapi sebaliknya, kartu berhutang yang tidak digunakan dengan bijak dapat menyusahkan kita. (MW)

No comments:

Post a Comment