Monday, November 10, 2014

Perkembangan Kartu Kredit

Penemuan kartu kredit adalah salah satu penemuan yang telah mengubah dunia. Kartu tersebut ditemukan pertama kali pada tahun 1970 yang akhirnya membawa 90 % perubahan pada gaya hidup masyarakat di negara maju. Pada tahun 1977, akhirnya Bank Amerika secara resmi memberikan lisensi kartu kredit kepada Visa. Semenjak itu, pada tahun 1995 hingga sekarang transaksi perbankan dengan elektronik di AS dan belahan dunia lainnya semakin berkembang. Di balik kemudahan hidup yang Anda rasakan berkat kartu pembayaran tersebut, namun tahukah Anda seputar fakta dan sejarahnya?

kartu kredit
  • Kartu kredit pertama yang berkembang dan terus populer di tahun 1920 awalnya dianggap sebagai cara yang cepat dan efisien bagi para pengendara mobil atau motor untuk  membayar bensin.
  • Kartu kredit merupakan alat berbentuk kartu plastik yang digunakan untuk membayar dan menarik uang tunai. Kartu kredit diterbitkan oleh pihak bank atau lembaga pembiayaaan lainnya.
  • Kartu kredit ini dapat digunakan untuk berbelanja di tempat-tempat tertentu, seperti super atau mini market, restoran, hotel, dan tempat lainnya yang telah mengikat perjanjian sebelumnya dengan pihak bank.
  • Penggunaan kartu kredit yang terbilang lebih mudah ketimbang kartu debit membuat kejahatan seperti penipuan dan penyalahgunaan lebih banyak terjadi.
  • Beberapa kartu kredit memiliki chip komputer kecil sehingga memungkinkan untuk dipindai dari jarak jauh. Dengan demikian, belanja checkout bebas akan semakin dikembangkan, karena kartu kredit tersebut dapat dipindai hanya dengan berjalan lewat pintu.
  • Seiring belanja online makin populer, kartu kredit menjadi semakin berguna dalam transaksi jual beli online.
Yang pasti kita patut bersyukur hidup di era modern, karena pengembangan alat pembayaran dengan kartu dari berbagai bank menjadikan kita dapat mengelola keuangan untuk hidup yang lebih baik di masa depan. Yang perlu diingat adalah bagaimana cara kita mengatur keuangan dengan menggunakan kartu debit maupun kredit. Kartu yang memberikan Anda kesempatan untuk berhutang ini dapat mewujudkan impian Anda membeli barang-barang mahal seperti handphone, perabotan rumah tangga, mobil, dan lain-lain, tanpa beban berat karena dapat mencicilnya. (MW) 

No comments:

Post a Comment