Friday, November 14, 2014

Kartu Kredit Yang Sesuai Kebutuhan

Banyak orang berpikir kartu kredit merupakan jalan untuk terlilit hutang piutang. Pemikiran negatif tentang ini menjadi ketakutan akan hidup boros belanja, tagihan hutang yang membengkak, hingga berbagai macam alasan lain. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda masih berpikir hal-hal negatif tentang kartu kredit? Padahal jika digunakan dengan benar, kartu kredit dapat memberikan manfaat dan menjadi solusi bagi keuangan Anda. Berbagai keuntungan dan manfaat bisa didapatkan seperti asuransi perjalanan, perlindungan identitas, reward points, cash-back, dan lain-lain. Lalu bagaimana cara tepat memilih kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Sebelum Anda menentukan pilihan, ada baiknya perhatikan beberapa hal di bawah ini:

Perhatikan Kondisi Keuangan
kartu kredit
Ceklah keadaan finansial Anda. Bayangkan bagaimana cara Anda mengatur keuangan jika Anda nantinya akan memiliki tanggung jawab untuk membayar tagihan kartu kredit secara rutin. Pastikan masih ada sisa uang yang dapat ditabung pada saat Anda juga memiliki tagihan tersebut. Jangan sampai kebutuhan pokok Anda dan keluarga terbengkalai karena tagihan kartu kredit yang membengkak. Jika kondisi keuangan Anda sehat, maka memiliki kartu kredit tidak akan jadi halangan lagi.

Lakukan Riset
Banyak bank di Indonesia menawarkan berbagai produk kartu kredit. Lakukanlah riset dengan mencari tahu melalui internet atau bertanya langsung pada layanan konsumen pihak bank. Paket yang paling menguntungkan tentu akan menjadi pilihan utama Anda dalam memilihnya.

Tinjau Kembali Laporan Kredit
Apakah Anda sudah terbiasa menggunakannya? Jika sudah, jangan lupa periksa laporan kredit Anda setidaknya setahun sekali. Pastikan semua tagihan tersebut benar adanya, dengan begitu Anda jadi lebih tahu seberapa sering Anda memakai kartu kredit, membayar bungannya, dan bagaimana menyeimbangkan penggunaannya. Pastikan juga Anda tak sering melakukan keterlambatan dalam pembayaran utang kartu kredit.

Memiliki Kartu Kredit Tambahan
Jika Anda merasa sudah cukup pandai mengelola keuangan, tak ada salahnya Anda memiliki kartu kredit tambahan yang mempunyai keuntungan masing-masing dari berbagai bank. Tak jarang orang memiliki kartu tertentu hanya untuk membayar biaya perjalanan wisata saja. Tetaplah ingat akan kemampuan Anda membayar tagihan ini agar tak terlilit banyak hutang. (MW)

No comments:

Post a Comment