Thursday, November 27, 2014

5 Tipe Kartu Kredit

Berdasarkan tipenya, jenis kartu kredit terbagi menjadi lima, yaitu:

1.  Kartu Biasa
Kartu ini terdapat dua jenis, yaitu kartu silver dan kartu classic. Jenis kartu ini biasanya memiliki limit Rp 5 juta. Kartu jenis ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki gaji sedikit lebih tinggi di atas UMR hingga Rp 50 juta per tahun. Syarat lain adalah Anda tidak terdaftar dalam blacklist BI dan memiliki akun bank yang lancar. Kartu kredit ini umumnya dikeluarkan oleh Visa, Master Card, dan American Express.

2.  Kartu Gold
kartu kredit
Jenis kartu ini sedikit lebih ekslusif. Limit yang diperoleh dari kartu kredit jenis ini lebih tinggi dibandingkan dengan kartu biasa. Limit yang diperoleh biasanya sebesar 50- 100 juta per bulan. Di samping limit yang lumayan tinggi, kartu kredit jenis gold ini juga memberikan beberapa fasilitas kepada penggunanya, seperti diskon spesial untuk beberapa merchant dan fasilitas airport lounge. Kartu kredit jenis ini diperuntukkan bagi Anda yang memiliki penghasilan sebesar Rp 5 juta hingga Rp 25 juta per bulan. Kartu jenis ini hanya dikeluarkan oleh Visa dan Master Card.

3.  Kartu Platinum
Limit kartu ini mencapai Rp 75 juta per bulan hingga unlimited, tergantung kemampuan dari pemegang kartu. Sama seperti kartu gold, kartu kredit platinum juga memiliki fasilitas airport lounge. Nah, kartu jenis ini biasanya digunakan oleh mereka hanya untuk kepentingan gengsi- gengsian, misalnya para pekerja  yang tidak mau disamakan dengan manajer di bawahnya yang biasanya memiliki kartu gold. Jenis kartu kredit platinum ini dikeluarkan oleh Visa, Master Card, dan American Express.

4. Kartu Infinite
Kartu kredit ini memiliki limit mulai dari Rp 50 juta hingga unlimited. Sedangkan penawarannya ditawarkan kepada siapa saja yang memiliki aset di atas USD 100 ribu dalam bentuk tunai. Kartu jenis ini tidak ditawarkan kepada umum. Kartu infinite hanya dikeluarkan oleh Visa, sehingga dikenal dengan kartu Visa Infinite.

5. Kartu World
Kartu kredit ini hampir sama dengan Visa Infinite. Minimum penggunaannya adalah Rp 75 juta per tahun. Seandainya kurang dari itu, maka pemegang kartu kredit akan dikenai biaya tahunan atau bulanan yang jumlahnya cukup besar. Kartu world dikeluarkan oleh Visa dan Master Card. (MW)

No comments:

Post a Comment