Wednesday, November 19, 2014

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit memang dapat memudahkan banyak orang dalam bertransaksi, mulai dari pembelian di toko fisik maupun toko online. Jika dalam keadaan darurat, kartu ini sangat membantu seseorang untuk membeli atau memenuhi kebutuhan dan keperluannya. Namun tak jarang juga setelah usai transaksi banyak orang yang kewalahan mengatur keuangan mereka, terkait urusan hutang kartu kredit. Sebelum Anda menggesek kartu hingga kebablasan, perlu disimak beberapa tips cerdas untuk memakai kartu kredit berikut ini:

Bayar Lunas Tagihan Segera
Perlu diingat bahwa kartu kredit adalah pinjaman, bukan uang. Oleh karena itu, setiap kali tagihannya datang di akhir bulan, jangan pernah menunda untuk segera melunasi setiap tagihannya. Anda pun dapat hidup bebas dari bunga dan juga denda.

kartu kredit
Satu Kartu Cukup
Berbagai promo yang ditawarkan kartu kredit memang menggiurkan. Tak jarang banyak orang memanfaatkan kesempatan promo ini dengan apply kartu kredit ke banyak bank. Setiap promo atau diskon yang ditawarkan merchant berbeda-beda seringkali memberikan manfaat yang cukup menarik. Hindarilah godaan semacam ini, karena semakin banyak memilikinya, semakin tinggi juga godaan bagi Anda untuk memakainya. Tagihan berlipat-lipat, Anda pun pusing melunasinya.

Cermati Biaya Tahunan
Jika Anda bisa membayar biaya tahunan dengan menggunakan poin belanja, tentu saja Anda tak perlu repot lagi. Lalu bagaimana jika bank tidak menyediakan fasilitas semacam ini? Bernegosiasilah dengan pihak bank agar biaya tahunan kartu kredit menjadi gratis. Atau jika ingin lebih simple lagi, Anda dapat memilih kartu kredit yang bebas biaya tahunan seumur hidup.

Perhatikan Limit Kartu
Tentu saja jika sudah memutuskan untuk memiliki kartu kredit, berarti Anda harus bertanggung jawab akan pengelolaan keuangan Anda sendiri. Agar tak mengalami beban memiliki kartu pembayaran satu ini, sesuaikanlah jenis kartu kredit yang hendak dipilih dengan gaji bulanan Anda. Tetapkan berapa kisaran anggaran khusus untuk hutang kartu kredit Anda dan pastikan Anda tak pernah melebihi batas tersebut setiap transaksi.

Berhati-hatilah dalam Transaksi
Jangan sampai Anda kena biaya tambahan sebesar 3% saat melakukan transaksi di tempat yang tidak didukung oleh bank penerbit kartu kredit Anda. Perhatikan apakah kartu kredit sudah sesuai dengan mesin kartu. Jika tidak didukung oleh bank penerbit, lebih baik Anda melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu debit atau uang tunai. (MW)

No comments:

Post a Comment