Tuesday, November 4, 2014

Cara Kerja Sederhana Kartu Kredit

Kartu kredit pada dasarnya merupakan sebuah alat pembayaran alternatif yang menggunakan sistem utang. Jika Anda memiliki kartu kredit, itu bukan berarti Anda memiliki uang yang bisa Anda belanjakan seenaknya, melainkan Anda memiliki utang kepada pihak penerbit kartu kredit.

Cara kerja kartu kredit sangat simpel, yaitu pihak penerbit membayar terlebih dahulu transaksi yang Anda lakukan. Setelah itu, jika sudah masuk jatuh tempo yang ditetapkan, maka Anda mesti membayar hutang tersebut. Tentunya, bank akan mengenakan bunga. Akan tetapi, Anda bisa membayar tagihan Anda dengan sistem full, cicilan, bahkan dengan minimum payment.

kartu kredit
Dalam menjalankan fungsinya, kartu kredit sebagai sarana untuk transaksi dilengkapi dengan berbagai alat identifikasi. Bagian depan kartu kredit terdiri atas nama bank sebagai penerbit, nomor kartu, logo kartu, nama pemegang kartu, dan masa berlaku kartu kredit. Adapun bagian belakang kartu kredit, dilengkapi dengan pita magnetik yang disebut magstripe. Pita magnetik terdiri atas batangan magnet dalam ukuran mili yang disusun sejajar sepanjang kartu.

Setelah bank menyetujui kartu kredit yang Anda ajukan, maka bank akan memberikan PIN sama seperti Anda menerima kartu ATM dari bank. Saat Anda berbelanja di toko, mal, dan lain- lain (yang diakui oleh bank penerbit sebagai rekanan atau merchant), maka kartu tersebut sudah bisa digunakan. Merchant memiliki alat verifikasi elektronik (electronic verification) yang dapat mengidentifikasi kartu kredit yang digunakan masih berlaku atau tidak, dan limit dari transaksi yang diizinkan. Data ini  didapat dari pita magnetik yang berada di belakang kartu kredit. Jika masih berlaku maka transaksi dilanjutkan.Pemegang kartu memasukkan PIN yang diterima dari bank penerbit. Transaksi berjalan dan Anda tinggal menunggu tagihan dari bank penerbit kartu, dan ini yang tersulit.

Itulah cara kerja kartu berhutang yang sebaiknya Anda ketahui, baik bagi yang sudah memiliki kartu tersebut atau baru berencana apply. Dengan berbagai manfaat dan fasilitas yang ditawarkan oleh kartu berhutang, sebaiknya Anda tetap disiplin dalam membayar hutang per bulannya.(MW)

No comments:

Post a Comment