Wednesday, January 27, 2016

Tagihan Kartu Kredit Minimum Jadi Masalah (2)

Total tagihan yang diterima Vera pada awal bulan Agustus ternyata nyaris tidak berubah, yaitu Rp 2.250.000+ Rp 44.417 + Rp 48.750 + Rp 41.437= Rp 2.384.604. Ini baru penggunaan uang sejumlah Rp 2.500.000. Bagaimana dengan penggunaan kartu kredit dengan total tagihan di atas Rp 10.000.000? Bagi pengguna kartu kredit, pembayaran tagihan minimum sebesar Rp 1.000.000 seolah hanya membuang uang saja yang tidak ada pengaruhnya dengan total tagihan pada bulan sebelumnya. Terdengar sangat menyesakkan dada bukan?

Kalau sudah seperti ini, tidak ada seorang pun pemegang kartu kredit akan dengan lapang dada
kartu kredit
melanjutkan pembayaran kartu kredit karena tagihan yang membengkak bukan kepalang. Pengguna kartu kredit bisa saja menghubungi card center atau bahkan mengunjungi kantor perwakilan bank penerbit kartu kredit di kota terdekat. Seringkali bukan jalan keluar yang akan diterima, namun hanyalah kebingungan yang luar biasa karena tidak akan ada yang mau melayani komplain untuk masalah ini. Di mata bank, jalan keluar yang ada hanyalah “bayar lunas tagihan”. Sementara itu, di mata pengguna kartu kredit, yang ada dalam pikirannya adalah “tagihan yang keterlaluan membengkaknya”. Di sinilah pola pikir bank penerbit kartu kredit dan pengguna kartu kredit akan berseberangan dan sulit dikompromikan. Ujung- ujungnya adalah kartu kredit tidak akan dibayar lagi sampai pada bulan- bulan berikutnya. Apakah tidak ada solusi? Tentu masih ada, dan solusi itu bisa dijalani dengan cara yang sangat santun pada pembahasan artikel selanjutnya.

Apakah Anda pernah mengalami hal yang terjadi seperti Vera? Bagaimana tips dan trik Anda untuk membayar tagihan kartu kredit? Apapun jenis kartu kreditnya, sangat penting bagi pengguna untuk tetap mengontrol diri dalam menggesek kartu berhutang. Kepribadian yang cenderung boros, sebaiknya tidak menggunakan kartu plastik untuk berhutang ini. Hal ini karena sangat rentan dengan kebiasaan suka belanja atau membeli segala sesuatu yang sebenarnya tidak perlu. Tak hanya itu, pertimbangkan juga dengan kemampuan ekonomi Anda dalam pengeluaran bulanan. Tetap bijak gunakan kartu kredit. (MW)

No comments:

Post a Comment