Wednesday, December 24, 2014

Poin- Poin Penting Kartu Kredit

Transaksi dengan menggunakan kartu kredit sudah bukan hal asing lagi di kalangan masyarakat. Berbagai manfaat dan keuntungan juga bisa didapatkan dari kartu berhutang tersebut. Bahkan tak jarang banyak orang jadi hobi belanja karena kartu ini memberikan poin- poin setiap kali transaksi. Pahamilah beberapa hal tentang kartu berhutang berikut ini:

  • Limit kredit untuk kartu tambahan, baik untuk istri, anak maupun anggota keluarga lainnya, tetap mengikuti limit kredit kartu utamanya. Jadi apabila limit kredit Anda Rp 4 juta, maka ini akan dipakai bersama dengan kartu tambahan Anda. Bukan berarti bahwa limit Anda dan kartu tambahan Anda masing- masing Rp 2 juta.
kartu kredit
  • Proses pengajuan kartu kredit sebenarnya sama dengan proses untuk kredit biasa. Bedanya adalah untuk kartu kredit tidak perlu jaminan apapun. Karena itu dalam proses kartu kredit, diperlukan ketelitian yang sebenarnya justru penting untuk nasabah sendiri. Dalam proses kartu kredit memang perlu dikonfirmasikan mengenai data- data nasabah untuk memudahkan komunikasi dengan pihak bank nantinya. Anda tidak ingin nantinya kartu kredit Anda dikirim ke alamat yang salah hanya karena data alamat Anda kurang lengkap, bukan? Selain itu pula perlu dianalisa tentang informasi keuangan dari nasabah untuk menentukan besarnya limit kredit yang akan diberikan. Dengan demikian limit kredit yang Anda terima memang sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Keseluruhan prosedur ini tidak memakan biaya apapun dari nasabah dan merupakan prosedur normal yang umumnya digunakan oleh setiap bank penerbit kartu kredit.
  • Jika Anda memperhatikan logo di kartu kredit Anda, tertera “VISA” atau “Mastercard”. VISA dan Mastercard adalah institusi penerbit kartu kredit di dunia. Kedua perusahaan inilah yang menalangi pembayaran dari transaksi- transaksi kartu berhutang dunia.  Kedua jenis kartu kredit ini memiliki jaringan tersendiri dan bisa digunakan secara luas di seluruh dunia. Dari segi kegunaan keduanya tidak memiliki perbedaan. Fasilitas, layanan, dan kemudahan yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Masing- masing menawarkan biaya dan kemudahan yang juga mirip- mirip saja.(MW) 

No comments:

Post a Comment