Tuesday, December 16, 2014

Cara Hindari Modus Kartu Kredit Via Telepon

Sebagaimana Anda ketahui, kejahatan kartu kredit sangat marak terjadi belakangan ini. Kejahatan ini tampil dalam berbagai macam cara dan bentuk. Kejahatan ini tentu telah membuat was- was para pemegang kartu kredit.

Tips Kartu Kredit Menghindari Penipuan Melalui Telepon
tips kartu kredit
Penipuan melalui telepon merupakan salah satu modus operandi penipuan kartu kredit yang umum digunakan oleh para pelaku kejahatan kartu kredit. Penipuan melalui telepon ini dilakukan dengan cara menelpon calon korban dan mengabarkan kepadanya bahwa ia (pemegang kartu) mendapat hadiah, atau mengabarkan bahwa salah satu keluarga calon korban mengalami musibah, atau menyatakan minat atas barang yang calon korban iklankan dan sejumlah alasan lainnya. Nah berdasarkan hal tersebut, maka si penelpon akan memandu calon korban untuk menuju ATM dan menuntunnya mengikuti instruksi penelepon. Lalu, bagaimana cara menghindari kejahatan kartu kredit dengan modus operandi ini? Untuk menghindari kejahatan ini

Tips Kartu Kredit 1 : Anda harus cek dahulu identitas penelpon. Segera tutup telepon dan lakukan pengecekan atas informasi yang Anda terima.

Tips Kartu Kredit 2 : Pada umumnya, perusahaan penyelenggara undian tidak meminta pemenang untuk mentransfer sejumlah dana kepada perusahaan penyelenggara.

Tips Kartu Kredit 3 : Jika Anda menerima telepon yang mengabarkan bahwa keluarga Anda mengalami musibah, jangan panik dan jangan mengikuti perintah penelpon. Tanyakan identitas penelepon dan lakukan pengecekan.

Tips Kartu Kredit 4 : Jika Anda memasang iklan untuk menjual atau menyewakan aset Anda, hati- hati terhadap penelpon yang sangat mudah untuk setuju dengan harga yang Anda tawarkan, kemudian berjanji untuk mentransfer sejumlah uang sebagai ‘tanda jadi atau uang muka’.

Tips Kartu Kredit 5 :Jangan terlena oleh kata- kata si penelepon, apalagi jika Anda diminta untuk menuju ATM untuk mengecek saldo Anda. Segera tutup telepon Anda untuk menghindari dari penipuan semacam ini.

Itulah beberapa tips kartu kredit yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari kejahatan kartu kredit melalui telepon. Selalu waspada dan jangan mudah percaya terhadap penelpon asing. (MW)

No comments:

Post a Comment