Monday, December 8, 2014

Pemain Penting Kartu Kredit

Dalam penggunaannya, terdapat beberapa istilah yang harus Anda ketahui dan pahami karena istilah- istilah ini sering digunakan dalam kartu untuk berhutang. Dalam bahasa Inggris, kartu kredit biasa disebut dengan credit card atau CC, yang pada dasarnya bisa disimpulkan atau dipandang sebagai dua hal, yakni sebagai alat pembayaran dan sebagai fasilitas utang. Jadi sebenarnya kartu kredit adalah alat pembayaran sebagai pengganti uang cash. Adalah hal yang salah jika seseorang menggunakan kartu tersebut sebagai simbol gengsi, bukan berdasarkan dari fungsi dan manfaatnya.

kartu kredit
Dengan kesadaran penuh bahwa kartu kredit adalah semata- mata alat pembayaran, bukan merupakan simbol gengsi, maka sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit secara bijak. Jika Anda membeli barang atau jasa, dan uang yang dibutuhkan sudah Anda miliki, maka ada baiknya jika Anda menggunakan uang tersebut, tidak perlu menggunakan kartu kredit.

Ada tiga pihak yang terlibat langsung untuk setiap transaksi penggunaan dan pembayaran kartu kredit, sebagaimana berikut ini:
1. Bank dan Lembaga Pembiayaan
Fungsi bank dan lembaga pembiayaan adalah sebagai pihak penerbit dan atau pihak pembayaran kartu kredit yang ditagihkan oleh pedagang.

2. Pedagang
Pedagang adalah mitra bank dan lembaga pembiayaan sebagai tempat belanja bagi pemegang kartu kredit, misalnya di tempat hiburan, swalayan, super market, restoran, dan lain- lain.

3. Pemegang Kartu
Pemegang kartu adalah nasabah yang namanya tertera dalam kartu kredit sekaligus merupakan pihak yang berhak menggunakan kartu kredit tersebut.

Itulah para pelaku dalam penggunaan kartu untuk berhutang sementara tersebut. Perlu diingat bahwa kartu jenis ini harus digunakan secara bijaksana. Matang secara finansial bukan berarti Anda bebas menggesek kartu sebebasnya. Banyak keperluan dalam kehidupan yang perlu dipertimbangkan prioritasnya. Jika Anda belum menikah, mungkin tak ada banyak tanggungan dalam keseharian Anda. Namun, jika Anda sudah menikah, tentu anak, istri, dan suami menjadi pertimbangan utama dalam mengeluarkan sepeser uang pun. Utamakan kebutuhan pokok sehari- hari seperti makanan dan pakaian, baru gunakan sisanya untuk belanja yang lain. (MW)

No comments:

Post a Comment