Thursday, December 11, 2014

Dilema Pilihan Kartu Kredit

Kemudahan berbelanja dengan menggunakan kartu membuat banyak orang semakin konsumtif alias gila belanja. Namun, tak semua orang lantas suka belanja barang yang tak penting karena mengggunakan kartu berhutang. Sering mendapatkan penawaran untuk mendapatkan kartu kredit gold atau platinum? Sebelum Anda memutuskan untuk meng-upgrade kartu kredit Anda menjadi gold atau platinum, Anda harus berkaca terlebih dahulu, apakah selama ini Anda selalu membayar kartu kredit tepat waktu dan lunas? Jika Anda belum berhasil dalam dua hal sederhana tersebut, mungkin sebaiknya Anda menunda kepemilikan kartu untuk berhutang berjenis gold atau platinum tersebut.

kartu kredit
Kartu kredit gold atau platinum adalah kartu kredit premium yang memiliki beragam kelebihan dari kartu kredit biasa. Menawarkan limit kredit yang tinggi (bisa hingga puluhan bahkan ratusan juta) dan manfaat- manfaat eksklusif lainnya. Bank penerbit biasanya mengharuskan pemegang kartu kredit berjenis gold dan platinum untuk memiliki standar pendapatan dan kelayakan kredit yang tinggi, dan terkadang menerapkan suku bunga yang lebih tinggi juga. Biasanya kartu ini diberikan kepada para pebisnis atau mereka yang memang memiliki pendapatan tinggi dan dinilai layak oleh bank karena kredibilitas pembayaran atau mereka yang sering berpergian. Jadi jika hanya untuk gengsi semata, sebaiknya Anda mengurungkan niat tersebut, karena annual fee atau membership fee- nya sangat mahal. Sesuaikanlah gaya hidup dengan kemampuan Anda.

Your Credit Card = Your Ability = Yourself
“Pahami diri Anda sendiri” harus menjadi moto semua orang yang berbelanja dengan kartu kredit. Melakukan riset dan analisa tentang diri, terutama tentang kebutuhan kredit, kemampuan diri sendiri dan pola pembayaran tagihan, akan membantu Anda untuk menentukan kartu mana yang tepat untuk Anda. Namun, apapun kartu yang Anda pilih, gunakan kartu kredit Anda dengan bijak dan sesuai, dan bayarkanlah tagihan Anda tepat waktu. Jika Anda dapat memanfaatkan kartu untuk berhutang tersebut dengan baik, maka keuangan Anda pun akan lebih terjaga. Anda tak perlu lagi pusing akan kebutuhan hidup yang tak ada habisnya. (MW)

No comments:

Post a Comment