Monday, December 30, 2013

Uang Tak Mencukupi, Ayo Berbisnis

Gaji yang Anda dapatkan tiap bulan masih belum cukup untuk kebutuhan hidup Anda? Kartu platinum Anda memiliki tagihan yang membengkak akibat sering belanja SALE akhir-akhir ini? Bagaimana jika Anda mulai mencoba untuk menjadi seorang yang membuka usaha. Kewirausahaan adalah tentang mengambil resiko. Seorang wirausaha mau menempatkan karir dan keamanan keuangannya (financial security) demi sebuah ide. Rela menghabiskan waktu dan uangnya untuk usaha yang belum pasti.



Mencari Referensi
Untuk tahap awal, cobalah mencari buku mengenai entrepreneurship yang cukup mudah dibaca bagi orang awam. Jangan sungkan untuk bertanya pada kenalan yang sudah pernah membuka usaha. Anda bisa sharing dengan orang yang pernah membuka usaha.

kartu kredit
Mencari Alternatif Permodalan
Pertama-tama kalkulasikan keperluan untuk membuka usaha sehingga bisa dilihat berapa modal yang diperlukan tapi jangan lupa siapkan dana cadangan untuk 6-12 bulan ke depan. Ini untuk menghindari usaha Anda berhenti di tengah jalan karena sebuah usaha baru perlu waktu agar dikenal oleh orang. Jadi jangan heran kalau pada bulan-bulan awal lebih banyak pengeluaran daripada pemasukan. Permodalan bisa didapat dari modal sendiri, meminjam atau kredit dan bekerjasama dengan orang lain.

Menentukan Segmen Pasar
Segmentasi Pasar merupakan suatu aktivitas membagi atau mengelompokkan pasar yang heterogen menjadi pasar homogen atau memiliki kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya hidup. Agar fokus, tentukan segmen pasar. Misalnya Anda hendak membuka warung makan, tentukan dulu segmennya apakah untuk mahasiswa atau umum. Dari situ baru Anda bisa menentukan range harga makanan, jenis makanan, dan lokasi.

Social Entrepreneur
Social entrepreneur merupakan sebuah fenomena global yang membawa perubahan dengan pemikiran dan tindakan yang inovatif yang menjembatani tiga konsituen, yaitu pebisnis, pemerintah, dan sektor sosial serta mempunyai dampak sosial. Social entrepreneur memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Sekecil apapun usaha perlu dijalankan dengan komitmen dan sepenuh hati karena apapun usaha yang dijalankan dari hati hasilnya akan maksimal. Jangan berkecil hati dan mudah menyerah karena perjuangan, kegagalan, dan keberhasilan adalah satu paket yang tak bisa dibeli secara terpisah. Jika Anda ingin merasakan keberhasilan itu, maka Anda harus melewati setiap perjuangan dan merasakan kegagalan itu. 

No comments:

Post a Comment