Sunday, December 8, 2013

Habiskan Gaji Bulanan untuk Masa Depan

Bagi yang sudah bekerja, tanggal tua mungkin menjadi tanggal yang paling dinanti. Perasaan senang selalu menyelimuti setiap tanggal 25 akibat rekening yang bertambah. Lelah dan penatnya bekerja selama sebulan penuh akhirnya terbayar sudah dari hasil keringat, tenaga, dan pikiran kita. Bagi sebagian orang, gajian adalah saatnya menghabiskan uang bulanan mereka. Berbagai barang dan keperluan pribadi dibeli dalam sekejap. Di tanggal tua makan enak di mall, menjelang tanggal muda makan di warteg. Sebenarnya cara ini kurang bijak dalam mengelola keuangan.
kartu kredit

Bagaimana mungkin kita bisa menghabiskan gaji bulanan, sementara kita takut uang tersebut tidak cukup bagi keluarga? Dalam artikel ini Anda bukan diajak untuk menghabiskan gaji untuk hura-hura, tapi untuk masa depan yang cerah. Mau tau? Caranya adalah Anda harus cermat memilah kebutuhan dengan membuat budgeting gaji bulanan agar (jika) habis tanpa harus menyesal. Berikut pembagiannya:

1. Hutang
Apakah Anda memiliki cicilan tagihan untuk bayar handphone, motor, mobil, atau rumah dengan kartu kredit platinum? Hutang merupakan salah satu pengeluaran dengan skala prioritas tertinggi. Sebelum Anda membelanjakan uang untuk belanja baju baru, nonton bioskop, atau perawatan ke salon, seharusnya Anda membayar hutang terlebih dahulu. Sisihkan setidaknya 30 % dari gaji bulanan Anda agar nantinya tidak berbunga dan hutang semakin bertambah.Dengan begitu, Anda akan berpikir dua kali untuk membeli sesuatu dengan berhutang ke depannya.

2. Masa Depan
Anda berpikir untuk melanjutkan kuliah S2 atau menikah dengan biaya Anda sendiri? Kalau begitu, sisihkan setidaknya 20% dari gaji Anda untuk menabung. Selain itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan atau bentuk investasi lainnya juga bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam menyisihkan gaji Anda. Masa depan pun akan Anda hadapi dengan sedikit lebih tenang.

3.Biaya Hidup dan Gaya Hidup
Setelah kedua hal di atas Anda prioritaskan, pada tahap ini Anda bisa mengalokasikan gaji bulanan Anda untuk hal yang bersifat fleksibel, hura-hura, atau istilahnya dapat diutak-atik sesuai dengan kebutuhan. Setidaknya 50 % dari gaji bulanan Anda dapat digunakan untuk belanja kebutuhan sehari-hari seperti makanan, listrik, internet, telepon, rumah,  transportasi, hingga hiburan seperti nonton bioskop atau jalan-jalan ke luar negeri.

Nah ketika tanggal gajian datang kembali, Anda pun sudah siap menghabiskan gaji untuk masa depan yang lebih cerah. Don’t forget to always save your future smile :)

No comments:

Post a Comment