Tuesday, December 24, 2013

Amankan Kartu Kredit Saat Liburan

Ketika liburan atau saat sedang travelling, pastilah kemudahan dan kenyamanan yang ingin kita rasakan. Fokus utama kita saat travelling adalah menikmati objek wisata yang menarik dan mengabadikan setiap momen istimewa bersama orang tersayang. Pergi jalan-jalan tentu saja juga tak  lepas dari yang namanya membeli sesuatu atau berbelanja.  Salah satu alat pembayaran praktis yang menjadi pilihan banyak orang adalah kartu kredit. Ketika pergi ke luar negeri, kartu kredit sangat  memudahkan transaksi pembayaran. Tanpa perlu membawa sejumlah uang, Anda dapat membeli barang yang cukup mahal dengan kartu kredit. Pastikan keamanan kartu platinum Anda sebelum berangkat ke tempat liburan.

1. Catatlah Semua Informasi

Semua informasi yang ada di kartu kredit penting untuk dicatat. Mulai dari nomor seri, masa berlaku, dan angka-angka lain yang tertera di bagian belakang kartu lebih baik dicatat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengantisipasi jika kartu kredit Anda berpindah tangan. Dengan begitu, Anda dapat langsung melaporkan pihak bank untuk melakukan pemblokiran.
kartu kredit

2. Teknologi Canggih Chip dan PIN

Pastikan kartu kredit Anda menggunakan teknologi terkini untuk memperketat keamanan, yaitu penggunaan chip atau PIN. Dengan begitu tindak kejahatan melalui kartu kredit dapat diminimalisir. 

3. Bawalah Paspor

Terutama jika Anda pergi ke benua Eropa, membawa paspor dapat mempermudah Anda ketika bertransaksi dalam jumlah besar. Tunjukkanlah paspor Anda saat berbelanja. Paspor juga dapat digunakan untuk kemudahan Anda melapor kepada pihak berwajib jika tiba-tiba kartu kredit Anda hilang saat jalan-jalan.

4. Simpan Bukti Pembayaran

Ketika liburan, biasanya Anda akan terbuai untuk membeli segala sesuatu, apalagi jika pergi ke luar negeri. Setelah berbelanja di setiap toko, kumpulkan semua bukti transaksi pembayaran tersebut. Sesampainya di rumah, cocokkan bukti pembayaran tersebut dengan tagihan yang harus Anda bayar. Meskipun tergolong cara manual, tips ini cukup ampuh untuk menjaga keamanan kartu kredit.

5. Pembatasan Jumlah Kartu

Mungkin Anda memiliki berbagai jenis kartu kredit, mulai dari reguler, gold, hingga platinum. Namun ketika liburan, Anda tak perlu membawa semuanya.Selain untuk alasan keamanan, hal ini dilakukan juga untuk mengerem nafsu belanja Anda ketika sedang senang-senangnya liburan.Anda cukup membawa satu atau dua kartu dengan limit yang Anda butuhkan. Jangan sampai Anda terjerat banyak hutang paska liburan.

No comments:

Post a Comment