Thursday, January 2, 2014

Pentingnya Dana Darurat


Hal-hal di luar dugaan seringkali terjadi dalam hidup kita. Niat awalnya adalah untuk pergi ke suatu tempat bersama sahabat dengan mengendarai motor, tiba-tiba di sebuah gang sempit terperosok ke dalam selokan. Tentu tak ada yang menginginkan musibah terjadi dalam hidup kita, namun ketika hal tak terduga terjadi, kita tak bisa menghindarinya kan? Hal-hal di luar keinginan kita itu terkadang membuat kita mau tidak mau harus mengeluarkan sejumlah uang. Di saat seperti inilah biasanya kita baru sadar akan pentingnya dana darurat. Menurut Mike Rini Sutikno, CFP, Perencana Keuangan dari MRE Financial and Business Advisory perhatikan beberapa hal di bawah ini agar kondisi keuangan Anda tetap aman saat hal darurat terjadi.
kartu kredit
  • Jumlah minimal dana darurat idealnya adalah sebesar 6 kali pengeluaran bulanan. Simpanan ini untuk keperluan darurat saat terjadi peristiwa yang menyebabkan kehilangan atau pengurangan pendapatan tetap, misalnya Anda terkena PHK karena perusahaan sedang mengalami krisis ekonomi.
  • Mengapa harus 6 kali pengeluaran? Waktu 6 bulan diperkirakan cukup untuk mendapat pekerjaan baru. Sementara kalau hanya 1-3 bulan masih terlalu riskan. Oleh karena itu sebaiknya dana darurat jangan terlalu pas-pasan.
  • Dana darurat tidak boleh digunakan untuk membeli rumah atau membayar uang muka. Uang muka untuk membeli rumah sebaiknya merupakan hasil menabung di rekening terpisah. Menggunakan dana darurat untuk kesehatan boleh saja, namun bukan merupakan dana tunggal. Sebaiknya juga Anda memiliki asuransi kesehatan.
  • Menganggap godaan diskon sebagai keadaan darurat juga merupakan sebuah kesalahan besar. Meskipun dana darurat langsung diganti di bulan berikutnya, tindakan ini tidak bisa dibenarkan. Menggunakan dana darurat untuk shopping jelas pelanggaran. Lemahnya komitmen Anda bisa mengarah pada perilaku konsumtif dan pemborosan.
  • Jangan satukan dana darurat dengan rekening tabungan. Pastikan selalu ada satu rekening yang tidak pernah diusik. Anda bisa membagi-bagi dana darurat dalam berbagai macam rekening, mulai dari deposito, tabungan, sampai kartu kredit. Yang penting dana tersebut mudah dicairkan. Kombinasi ini bisa menolong Anda. Misalnya ketika sakit mendadak, sebelum asuransi cair, Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk pertolongan pertama. Tetaplah bijak saat menggesek kartu platinum dan gunakan kartu kredit tersebut untuk pembayaran dengan tagihan paling minimal.

No comments:

Post a Comment