Wednesday, September 3, 2014

Tips Jika Kartu Kredit Hilang atau Dicuri

Nah, apa yang harus dilakukan jika kartu kredit hilang? Berikut ini tips kartu kredit yang harus Anda lakukan apabila Anda kehilangan kartu kredit Anda.

Tips Kartu Kredit 1: Melaporkan kehilangan kartu sesegera mungkin
Melaporkan kehilangan kartu kredit harus dilakukan segera setelah Anda menyadari kartu tersebut hilang. Jangan menunggu satu hari, apalagi sampai seminggu. Sebagian besar penerbit kartu mencetak nomor layanan pelanggan mereka pada tagihan bulanan Anda. Temukan salinan terakhir dari tagihan bulanan Anda. Temukan salinan terakhir dari tagihan bulanan kartu kredit Anda untuk menemukan nomor penerbit kartu atau jika Anda memiliki akses online untuk kartu kredit, Anda mungkin dapat menggunakan website penerbit kartu kredit untuk melaporkan kartu kredit Anda yang hilang.

tips kartu kredit
Tips Kartu Kredit 2: Melakukan pengecekan transaksi paska kehilangan
Cek apakah ada transaksi di luar pengetahuan Anda atau setelah transaksi terakhir yang dilakukan.

Tips Kartu Kredit 3: Mengajukan klaim
Ajukan klaim ketika ternyata ditemukan transaksi di luar transaksi terakhir Anda. Pengajuan klaim harus disertai dengan bukti yang kuat bahwa Anda benar- benar tidak melakukan transaksi itu.

Tips Kartu Kredit 4: Minta kartu pengganti
Begitu Anda melaporkan kartu yang hilang atau dicuri, mintalah petugas customer service untuk menghubungkan Anda kepada bagian kartu kredit. Petugas tersebut akan membantu Anda mendapatkan kartu pengganti. Kartu tersebut dapat dikirim ke hotel atau alamat tempat Anda tinggal, biasanya dalam 24 jam atau lebih cepat. Bank akan melakukan verifikasi alamat dan Anda perlu memberikan nama orang yang akan menerima kartu pengganti tersebut di tempat tujuan.

Tips Kartu Kredit 5: Minta nomor referensi laporan Anda
Selalu catat nomor referensi dari laporan Anda, selain nomor bebas pulsa, sehingga Anda dapat menelpon kembali seandainya terjadi penundaan dalam pengiriman kartu kredit pengganti.

Tips Kartu Kredit 6: Gunakan kartu kredit pengganti dengan bijak
Saat menggunakan kartu pengganti untuk pembayaran, Anda mungkin akan mengalami masalah kecil saat petugas di kasir berusaha menggesek kartu tersebut. Jika penggesekan tidak berhasil, minta ia untuk memasukkan nomor kartu tersebut. (MW)


No comments:

Post a Comment