Wednesday, September 17, 2014

Kehilangan Kartu Kredit

Setelah Anda mengetahui cara mengelola dan menggunakan kartu kredit dengan bijak dan aman sehingga terhindar dari jerat masalah kartu berhutang, maka hal berikutnya yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui adalah cara mengatasi kehilangan kartu berhutang. Apabila kartu kredit Anda hilang, maka Anda harus sesegera mungkin mengatasinya untuk menghindari atau mengantisipasi penyalahgunaan kartu berhutang Anda oleh orang lain (orang yang menemukan kartu Anda).

Semakin maraknya pencurian kartu kredit tentunya membuat pengguna alat pembayaran kartu ini menjadi was- was. Apalagi, kartu berhutang sangat mudah digunakan sehingga semua orang dapat memakainya, meskipun itu bukan kartu milik mereka. Bayangkan saja, jika kartu Anda hilang atau dicuri, maka si pencuri akan dengan mudah bertransaksi menggunakan kartu kredit Anda dan menguras habis isinya. Jika hal ini sampai terjadi, berapa besar ‘rupiah’ yang harus Anda keluarkan untuk membayar tagihan kartu berhutang Anda yang hilang atau dicuri dan digunakan orang lain? Sungguh, suatu hal yang tidak diinginkan oleh para pemegang kartu kredit.

kartu kredit
Laporkan Kehilangan Kartu Kredit
Melaporkan kehilangan kartu kredit sesegera mungkin adalah tips pertama yang harus Anda lakukan. Hal ini harus dilakukan segera setelah Anda menyadari kartu tersebut hilang. Jangan menunggu satu hari, apalagi sampai seminggu. Sebagian besar penerbit kartu mencetak nomor layanan pelanggan mereka pada tagihan bulanan Anda. Temukan salinan terakhir dari tagihan bulanan Anda. Temukan salinan terakhir dari tagihan bulanan kartu kredit Anda untuk menemukan nomor penerbit kartu atau jika Anda memiliki akses online untuk kartu berhutang, Anda mungkin dapat menggunakan website penerbit kartu kredit untuk melaporkan kartu kredit Anda yang hilang. Saat menghubungi penerbit kartu kredit, Anda harus memiliki beberapa informasi, seperti:

  1. nomor rekening atau kartu kredit Anda yang hilang,
  2. tanggal Anda mengetahui kartu kredit telah hilang, dan,
  3. tanggal serta jumlah pembelian terakhir Anda jika diketahui.
Bahkan, setelah Anda menghubungi penerbit kartu kredit melalui telepon call center, cukup bijaksana untuk menindaklanjuti dengan mengirimkan surat. Surat itu harus menyatakan bahwa kartu berhutang Anda telah hilang atau dicuri dan termasuk informasi nomor kartu berhutang, tanggal kehilangan atau pencurian, tanggal Anda mengetahui kehilangan kartu, serta transaksi terakhir. Surat ini akan memberikan bukti bahwa Anda telah melaporkan kehilangan jika dipertanyakan oleh bank penerbit di kemudian hari nanti. (MW)


No comments:

Post a Comment