Monday, September 7, 2015

3 Kelemahan Kartu Kredit

Kelemahan dari kegunaan kartu kredit adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Alat Ganti Pembayaran
Kelemahannya adalah apabila Anda termasuk tipe orang konsumtif (suka berbelanja), maka kartu kredit sangat berbahaya. Mengapa? Sebab, Anda bisa kesulitan dalam mengontrol semua barang yang dibeli karena Anda merasa masih mampu untuk membayarnya dengan kartu kredit dengan limit tertentu. Namun, cara ini bisa dicegah. Pertama, dengan mendaftar seluruh kebutuhan yang memang harus Anda penuhi pada saat itu. Misalnya, saat ini banyak keperluan sekolah anak (buku, seragam baru, dan lain sebagainya) yang harus Anda penuhi. Jadikan hal ini menjadi prioritas dari pemakaian kartu kredit kita tersebut.Kedua, usahakan Anda membawa kartu kredit tersebut hanya ke tempat- tempat yang menyediakan keperluan yang betul- betul Anda butuhkan. Ini berfungsi untuk meminimalisir pemakaian di luar anggaran yang Anda telah tetapkan di awal.

kartu kredit
2. Sebagai Cadangan
Kelemahannya adalah terkadang banyak fasilitas umum yang belum menyediakan fasilitas pembayaran dengan kartu kredit. Mengenai hal ini, Anda dapat mengantisipasinya dengan cara membiasakan memprediksi besarnya anggaran yang harus Anda keluarkan untuk keperluan mendadak. Menurut Bpk. Godo Tjahjono, SE, MSi, RFC, praktisi bisnis dan keuangan, Anda harus memiliki dana darurat minimal 3- 6 kali pengeluaran Anda. Dan penyimpanannya lebih berupa tabungan ataupun deposito.

3. Membantu Pembayaran Atas Pembayaran dan Tagihan Rumah Tangga
Kelemahannya adalah apabila Anda lupa membayar tagihan kartu kredit tersebut, maka Anda akan membayar bunga yang tidak sebanding bila Anda membayar tagihan itu tunai melewati ATM atau tunai ke bank- bank yang telah ditunjuk. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus me- reminder dalam agenda, mobile phone, atau alat pengingat lainnya sehari sebelum tagihan jatuh tempo bahwa Anda harus membayar tagihan tersebut lunas tanpa sisa. Sebab, keterlambatan bisa dikenakan bunga 2- 3 % dari total tagihan. Jangan sekali- kali mempergunakan fasilitas ambil tunai dari kartu kredit Anda, karena bisa dikenakan bunga 10 % langsung setelah transaksi.

Demikianlah kelemahan dari kartu kredit. Namun, jika Anda bisa menyiasati berbagai kelemahannya, maka kartu kredit pun sangat menguntungkan Anda. Jadi, untung atau rugi dalam menggunakan kartu kredit tergantung pada cara Anda menyiasati kelemahan- kelemahannya. (MW)

No comments:

Post a Comment