Tuesday, August 18, 2015

Tips Kartu Kredit Hadapi Penipuan

Seiring meningkatnya kecanggihan teknologi, semakin tinggi pula tingkat kejahatan terhadap berbagai alat pembayaran, mulai dari uang cash hingga kartu kredit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi diri Anda dari penipuan terhadap kartu kredit, berikut ini tips kartu kredit yang sebaiknya Anda ketahui:

Tips Kartu Kredit 1: Simpan kartu kredit Anda segera setelah Anda selesai melakukan transaksi. Cek kembali apakah benar kartu yang dikembalikan oleh kasir adalah kartu milik Anda.

tips kartu kredit
Tips Kartu Kredit 2: Simpan dengan baik bukti transaksi kartu kredit dan laporan tagihan yang Anda terima setiap bulannya. Periksa laporan tagihan kartu kredit Anda untuk mengetahui semua transaksi yang Anda lakukan. Jika Anda melihat sesuatu yang mencurigakan atau tagihan kartu kredit untuk transaksi yang tidak Anda lakukan, segera laporkan kepada bank yang menerbitkan untuk mengantisipasi kerugian yang akan Anda terima.

Tips Kartu Kredit 3: Jangan melakukan transaksi online atau pembayaran kartu kredit pada situs yang tidak aman.

Tips Kartu Kredit 4: Jangan memberikan informasi kartu kredit atau PIN, terlebih security code kartu kredit kepada orang lain, termasuk eksekutif bank penerbit kartu kredit.

Tips Kartu Kredit 5: Apabila ada yang meminta  informasi kartu kredit Anda melalui email atau telepon atau SMS jika mencurigakan, terlebih meminta tiga angka security code dibalik kartu kredit Anda, Anda patut waspada. Biasanya di balik kartu kredit Anda tertera nomor telepon layanan customer bank yang menerbitkan kartu kredit. Anda bisa mengecek melalui telepon tersebut.

Tips Kartu Kredit 6: Jika Anda harus mengcopy kartu kredit untuk beberapa keperluan, jangan meng-copy bagian belakang kartu Anda, karena tertera tanda tangan dan security code.

Itulah beberapa tips kartu kredit yang dapat Anda terapkan agar tetap aman menggunakan kartu untuk berhutang ini. Selain beberapa tips di atas, Anda juga harus ingat bahwa kejahatan dapat terjadi ketika ada kesempatan. Tetaplah berusaha untuk tampil tidak mencolok akan harta kekayaan, karena itu dapat mengundang kejahatan di sekitar Anda. (MW) 

No comments:

Post a Comment