Monday, May 11, 2015

Spesialnya Kartu Kredit

Gaya hidup konsumerisme sudah tak dapat dipisahkan lagi dari warga Jakarta. Tak heran berbagai pusat perbelanjaan semakin marak menjamur di ibu kota. Selain itu kebutuhan sehari- hari juga semakin mahal harganya. Alat pembayaran yang cepat pun diperlukan agar mempermudah transaksi. Sebagai kartu serbaguna, kartu kredit memiliki keuntungan dan kerugian. Jika tak dapat mengatur keuangan dengan baik, salah satu hal yang merugikan dari penggunaan kartu berhutang adalah membuat pemilik kartu jadi semakin terjerat hutang. Selain itu, kartu ini juga dapat membuat seseorang menjadi lebih konsumtif dan boros.

Sementara itu, keuntungan dari menggunakan kartu kredit dalam kegiatan sehari-hari adalah sebagai berikut ini:
kartu kredit
1. Sebagai Alat Ganti Pembayaran
Kartu kredit dapat dipergunakan sebagai alat ganti pembayaran, sehingga Anda tidak perlu membawa banyak uang tunai, yang dapat beresiko hilang atau jatuh di jalan.

2. Sebagai Cadangan
Kartu kredit juga dapat digunakan sebagai cadangan untuk keperluan mendadak, seperti jika tiba- tiba ada keluarga yang sakit dan perlu dirawat di rumah sakit, maka pembayaran uang muka dapat menggunakan kartu kredit. Hal ini tidak merepotkan dibanding jika kita harus ke ATM dahulu atau mencairkan uang di bank.

3. Membantu Melakukan Pembayaran atas Tagihan Rekening Rumah Tangga
Pada kartu kredit ada fasilitas one bill, artinya Anda bisa meminta kepada bank penerbit kartu berhutang untuk sekaligus membayarkan tagihan atas rekening, seperti listrik, tagihan telkom atau handphone, PDAM, internet, serta tagihan- tagihan lainnya dengan sepengetahuan instansi yang mengeluarkan tagihan tersebut. Dengan demikian, setiap bulan Anda tidak disibukkan membayar ke beberapa instansi, namun pembayaran dapat dilakukan sekaligus melalui kartu kredit, yang langsung dilakukan pendebetan setiap bulannya.

Demikianlah keuntungan dan keistimewaan dari kartu kredit. Jika Anda bisa menyiasati berbagai kelemahannya, maka kartu berhutang pun akan sangat menguntungkan bagi Anda. Jadi, untung atau rugi dalam menggunakan kartu kredit tergantung pada cara Anda menyiasati kelemahan- kelemahannya. Selamat menggunakan kartu berhutang!  (MW)

No comments:

Post a Comment