Thursday, August 7, 2014

Seluk Beluk Kartu Berhutang

Berbicara tentang kartu kredit, tentunya banyak pertanyaan yang menggantung di benak kita. Bagi Anda yang belum memiliki kartu tersebut dan mempunyai keinginan memilikinya, atau bagi Anda yang baru memilikinya, pasti ada “sejuta” pertanyaan yang Anda sendiri belum tahu jawabannya. Bisa jadi, Anda memiliki kartu kredit untuk sekedar ikut- ikutan trend yang sedang berkembang. Atau Anda memiliki kartu tersebut karena tergiur oleh janji- janji “manis” sang sales kartu kredit. Oleh karena itu, yang mungkin Anda tahu tentang kartu kredit hanyalah sebuah kartu yang dapat digunakan untuk membayar barang- barang belanjaan.

kartu kredit
Tetapi apakah kartu kredit sesederhana itu? Tentu saja tidak. Kartu yang boleh dibilang “sederhana” ini menyimpan “sejuta” misteri. Keberadaannya tidak serta- merta ada, melainkan melalui serangkaian proses alias sejarah yang cukup panjang. Untuk itu, sebelum mengetahui cara mendapatkan, memilih, dan mengelola kartu kredit Anda agar tidak terjerat masalah, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui seluk beluk dari kartu itu sendiri.

Hingga saat ini mungkin ada banyak pertanyaan di benak Anda yang belum diketahui jawabannya, meskipun sudah menggunakan dan memiliki kartu kredit. Seperti apa sih kartu untuk berhutang itu? Kapan munculnya kartu jenis ini di dunia? Bagaimana cara kerja kartu untuk berhutang itu? Siapa yang menerbitkannya? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang harus Anda ketahui jawabannya.

Penemuan kartu kredit adalah salah satu penemuan yang telah mengubah dunia. Kartu tersebut ditemukan pertama kali pada tahun 1970 yang akhirnya membawa 90 % perubahan pada gaya hidup masyarakat di negara maju. Pada tahun 1977, akhirnya Bank Amerika secara resmi memberikan lisensi kartu kredit kepada Visa. Semenjak itu, pada tahun 1995 hingga sekarang transaksi perbankan dengan elektronik di AS dan belahan dunia lainnya semakin berkembang.

Jika dapat menggunakannya dengan baik, kartu yang memberikan Anda kesempatan untuk berhutang ini dapat mewujudkan impian untuk membeli barang-barang mahal seperti handphone, perabotan rumah tangga, mobil, dan lain-lain, tanpa merasa terbebani karena Anda dapat mencicilnya. (MW)

No comments:

Post a Comment