Thursday, August 21, 2014

Kartu Kredit :Larangan Penggunaan

Selain suku bunga kartu kredit yang tinggi, jangan lupakan juga biaya overdraft (biaya yang dikenakan karena penggunaan kartu kredit yang over limit) yang besarnya berbeda- beda pada setiap bank. Lalu, ada biaya jatuh tempo yang diberlakukan karena adanya tunggakan pembayaran kredit, uang muka yang dikenakan kepada pengguna yang melakukan tarik tunai biasanya sekitar 3 %, biaya administrasi tahunan yang harus Anda bayar setiap akhir tahun, dan biaya materai yang harus dibayarkan setiap kali mendapatkan laporan tagihan dari bank.

Jika Anda dapat bijaksana dan bertanggung jawab dalam menggunakan kartu kredit, Anda lebih baik membayar dengan menggunakan kartu berhutang daripada harus menggunakan kartu debit. Penggunaan kartu berhutang juga rentan terhadap penipuan, dalam situasi dimana Anda tidak menggunakan kartu tersebut tetapi dalam laporan tagihan ada sejumlah transaksi digunakan dari kartu kredit Anda, yang sangat merugikan jika tidak Anda komplain, karena bank yang menerbitkan kartu tersebut hanya tahu Andalah yang menggunakan kartu tersebut.

kartu kredit
Oleh karena itu jangan gunakan kartu kredit Anda jika:
1. Anda tidak dapat membayar lunas tagihan kartu kredit Anda dan tidak dapat membayarnya dengan tepat waktu sebelum jatuh tempo. Hal ini perlu karena untuk menghindari pemberlakuan suku bunga dan terkena biaya jatuh tempo.

2. Anda orang yang terlalu boros dan cenderung menghabiskan lebih dari yang Anda mampu. Untuk menyiasatinya, lebih baik Anda membayar dengan debit karena akan dapat membatasi Anda untuk tidak menghabiskan uang yang Anda miliki.

3. Anda hanya mendapatkan kartu kredit dengan batas kredit yang sangat rendah, sedangkan Anda memiliki kebutuhan yang banyak tetapi penghasilan Anda kecil. Hal ini akan memicu Anda untuk menggunakan kartu berhutang secara berlebihan dan akan semakin membuat hutang kartu kredit Anda bertumpuk tanpa tahu kapan bisa melunasinya.

Oleh karena itu sangat dibutuhkan komitmen diri Anda sendiri untuk dapat memaksimalkan manfaat kartu untuk berhutang itu dengan sebaik- baiknya. Tentukan prioritas kebutuhan dan  lebih bijaksana dalam menggesek kartu kredit Anda. (MW)


No comments:

Post a Comment